Optimasi Sistem Proses Produksi dan Pemasaran Produk Industri Kecil dan Menengah Pengecoran Komponen Otomotif

Optimasi Sistem Proses Produksi dan Pemasaran Produk Industri Kecil dan Menengah Pengecoran Komponen Otomotif


(Optimization System of Casting Production Process and Product Marketing Automotive Component in The Small and Medium Industry)



Oleh : Windu Mahmud
Program Studi : Teknik Mesin (Sistem Teknik)
Instansi Asal : SMP N 2 Bambanglipuro
Pembimbing I : Dr. Suyitno, S.T., M.Sc.
Pembimbing II : Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D.
Tanggal Wisuda : 27 April 2011


INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk yang paling diminati pasar dan secara teknis mudah dikerjakan dengan mesin high pressure die casting (HPDC), menentukan proses produksi yang optimal dan menentukan hasil analisis ekonomi dalam industri kecil dan menengah (IKM) pengecoran komponen otomotif dengan metode HPDC.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu survei pasar dan eksperimen. Analisis ekonomi dilakukan dengan menggunakan program Microsoft excel untuk menghitung lima parameter yaitu net preset value (NPV), internal rate of return (IRR), net benefit cost ratio (Net B/C), gross benefit cost ratio (Gross B/C) dan profitability ratio (PR).
Hasil survei pasar menunjukkan bahwa produk yang paling banyak diminati konsumen adalah handle rem dengan rata-rata penjualan perbulan 52 buah, tetapi karena pertimbangan teknis untuk pembuatan produk handle rem tersebut dengan mesin HPDC cukup sulit sehingga penentuan produk yang diproduksi adalah adaptor disk brake dan dudukan lampu megapro. Proses produksi yang paling optimal adalah dengan temperatur cetakan 300oC, temperatur tuang 700oC, tekanan 50 kg/cm2 dan temperatur cetakan 350oC, temperatur tuang 750oC, tekanan 75 kg/cm2 dengan sistem produksi 24 jam kerja. Hasil analisis ekonomi dengan 5 parameter yaitu NPV, IRR, Net B/C, Gross B/C dan PR menunjukkan hasil diatas nilai minimal sehingga usaha pengecoran komponen otomotif adalah layak untuk dilaksanakan.


Kata Kunci : HPDC, pemasaran, optimal, layak

No comments:

Post a Comment