Syarat-syarat Mutasi PNS di Yogyakarta

Apa sih syarat-syarat Mutasi PNS di Yogyakarta ? Bagi anda yang sudah capek berjalan jauh, puluhan kilometer untuk menuju kantor, ada baiknya anda segera berfikir untuk mutasi ke tempat kerja yang lebih dekat. Gampang-gampang susah sih, gampangnya karena sekarang ada otonomi daerah jadi mutasi tak perlu ke Jakarta. Susahnya kalau kalau 2 kunci utama yaitu pimpinan unit kerja kita dan pimpinan unit kerja yang akan dituju tidak menandatangani surat kita. Repot sekali itu, berarti mesti pintar-pintar merayu atasan kita tersebut.

Kadang aneh sih, udah jelas-jelas kelebihan tenaga kerja, tapi kadang memang karena disayang atasan jadi mo pindah aja mesti dipersulit, betul gak ? Nah buat teman-teman yang udah kebelet mo pindah ini ada beberapa syarat-syarat Mutasi PNS di Yogyakarta khsususnya Guru :

1. Surat Permohonan ditujukan Bupati melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten cq Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Surat ini dibuat sendiri, jangan lupa ditanda tangani. Kasih alasan yang logis, misalnya meningkatkan prestasi kerja, sekolah yang ditinggal kelebihan guru, mencari tempat kerja yang lebih dekat dengan rumah agar kerja lebih optimal, Terserah deh yang penting logis

2. Fotocopy DP3 tahun terakhir
DP3 tahun terakhir tinggal dicopy aja, jangan lupa dilegalisir kepala sekolah

3. Fotocopy SK PNS, biasa dicopy terus di legalisir

4. Fotocopy SK Kenaikan pangkat Terakhir, dilegalisir

5. Fotocopy Penilaian Angka Kredit (PAK)  terakhir. dilegalisir


6. Surat Keterangan Lolos Butuh dari instansi yang ditinggalkan, contoh silakan download


7. Surat Persetujuan / Rekomendasi dari instansi/sekolah yang dituju, contoh silakan download


Cuma itu syaratnya, kalau kurang puas ya tinggal ditambah Daftar Riwayat Hidup, Daftar Riwayat Pekerjaan dll. Dibuat rangkap 2 terus di ajukan lewat Dinas Terkait. Kalau disetujui berarti tinggal nunggu SK baru. Anda tetap masuk kerja di instansi lama sampai SK baru terbit. Mudah-mudahan bermanfaat.

52 comments:

  1. ada contoh Surat Persetujuan / Rekomendasi dari instansi/sekolah yang dituju gak??? minta dong... kirim ke sururie1985@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Ada mas, sebentar aku kirimkan ke emailmu

    ReplyDelete
  3. salam hormat
    gini mas sy ini pns dinas pendidikan d salah satu kabupaten d sumatera selatan
    rencananya mau ngajuin permohonan pindah tugas ke yogja
    kira kira prosedurnya gampang gk atau kah perlu seseorang perantara yg bantuin ngurusinya
    terima kasih

    ReplyDelete
  4. Yang penting dinas yang ditinggal menyetujui dan dinas/unit kerja yang dituju ada yang mau menerima, setelah itu menghubungi masing2 Dinas untuk memproses usulan mutasi. Kalau Pegawai Pemda biasanya di BKD, tapi kalau pegawai Pusat berarti harus cari informasi ke BKN di Jakarta

    ReplyDelete
  5. mas sy dpt info berikut ini kira2 bener gk bgtu prosedurnya
    PROSEDUR MUTASI PNS MASUK PEMERINTAH PROVINSI DIY
    Prosedur mutasi PNS masuk ke lingkungan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebagai berikut :
    1. PNS yang bersangkutan mengajukan permohonan mutasi secara pribadi (dilampiri berkas kepegawaian) kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DIY.i
    Lampiran berkas Kepegawaian:
    9 Surat Permohonan Mutasi (dilengkapi alamat kantor/rumah lengkap dengan
    nomor HP/telepon) 9 Foto Copy SK CPNS 9 Foto Copy SK PNS 9 Foto Copy SK Kenaikan Pangkat/Jabatan terakhir 9 Foto Copy Ijazah dan Transkrip Nilai Pendidikan terakhir 9 Foto Copy DP-3 selama dua tahun terakhir 9 Foto Copy Kartu Pegawai 9 Daftar Riwayat Hidup
    2. Tim Badan Pertimbangan Pangkat dan Jabatan (Baperjakat) Provinsi DIY akan melakukan telaah dan pencermatan mengenai data Kepegawaian PNS yang akan mutasi tersebut melalui Fit and Propertest.
    3. Jawaban mutasi masuk akan dilakukan secara resmi melalui surat tertulis.
    4. Jika diterima, PNS yang bersangkutan wajib mengajukan permohonan pindah mutasi secara resmi yaitu melalui instansi asal. Apabila PNS berasal dari dalam Provinsi DIY melalui Bupati/Walikota. Sedangkan yang berasal di luar Provinsi DIY melalui Gubernur asal PNS.
    5. Surat pernyataan persetujuan dari Gubernur asal PNS akan ditindaklanjuti oleh Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DIY untuk dimintakan permohonan penetapan mutasi ke Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta.
    6. Setelah terbit SK Kepala Badan Kepegawaian Negara tentang perubahan status kepegawaian, kemudian dikirim kembali ke Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DIY untuk diproses Surat Keputusan alih jabatan dan tempat bekerja di intansi di lingkungan Pemerintah Provinsi DIY.
    7. Surat Keputusan alih jabatan dan tempat bekerja tersebut ditembuskan ke Gubernur/Bupati/Walikota dan Dinas PNS asal untuk dimohonkan SKPP (Surat Keterangan Pemberhentian Pembayaran).
    8. PNS yang bersangkutan melaksanakan tugasnya terhitung mulai tanggal sebagaimana tertera di Surat Keputusan alih jabatan dan tempat bekerja di intansi lingkungan Pemerintah Provinsi DIY.

    ReplyDelete
  6. Coba dicek lagi mas sumbernya itu tahun berapa ? Mungkin juga ada ada perbedaan aturan antara pns pemda, pemprov atau pns pusat. Mending kalau udah jelas tujuannya Jogja langsung main aja ke Kantor Gubernur atau Kantor Dikpora DIY nanti ketemu Pak Baskoro Aji (Kepala Dikpora. Biasanya sih teman2 yang dari luar daerah juga lewat Gubernur. Buruan aja mas, rumornya guru mau ditarik ke pusat lagi sehingga nanti mutasi ngurusnya juga sampai BKN jakarta

    ReplyDelete
  7. Pak, saya juga minta tolong dikirimi contoh berkas2 permohonan mutasinya ya. email saya: rkadarsholihat@gmail.com

    ReplyDelete
  8. Pak..Boleh ikutan Minta tlg dikirim contoh berkas Permohonan Mutasinya ya!...ke email saya : r124l_hef@yahoo.com...Thx.

    ReplyDelete
  9. Pak..Boleh ikutan Minta tlg dikirim contoh berkas Permohonan Mutasinya ya!...ke email saya : r124l_hef@yahoo.com...Thx.

    ReplyDelete
  10. pak....boleh minta tolong dikirimkan berkas permohonan mutasinya ke alamat email spriaperdana@gmail.com saya sangat butuh sekali.terima kasih banyak atas informasinya

    ReplyDelete
  11. Saya bisa minta contoh Surat Rekomendasi dari Instansi yang Dituju ?
    Tolong di email ke bastian.nhs@gmail.com .
    Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  12. Pak, boleh minta tolong dikirimkan contoh Surat Rekomendasi dari Instansi yang Dituju ke alamat email bastian.nhs@gmail.com.
    Terima kasih banyak atas bantuannya.

    ReplyDelete
  13. Mas Minta tlg dikirim contoh berkas Permohonan Mutasinya ke unexia@ymail.com. sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  14. Mas Minta tlg dikirim contoh berkas Permohonan Mutasinya ke unexia@ymail.com. sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  15. Mas Minta tlg dikirim contoh berkas Permohonan Mutasinya ke unexia@ymail.com. sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  16. Pak, saya juga minta tolong dikirimi contoh berkas2 permohonan mutasinya ya.. email saya: amj_akuntan@yahoo.com
    terima kasih..

    ReplyDelete
  17. Pak, Tolong saya dikirimi juga berkas2 yg diperlukan untuk mengajukan Mutasi ke Provinsi DIY.
    email: tantrisaputro@yahoo.com

    Terima kasih..

    ReplyDelete
  18. Pak, Tolong saya dikirimi juga Berkas2 untuk mengajukan Mutasi ke Provinsi DIY.
    email: tantrisaputro@gmail.com

    Terima Kasih..

    ReplyDelete
  19. Pak, boleh minta tolong dikirimkan contoh Surat Rekomendasi dari Instansi yang Dituju ke alamat email muthia_29@yahoo.com
    Terima kasih banyak atas bantuannya.

    ReplyDelete
  20. salam pak
    pak minta tolong dikirimkan contoh Surat Rekomendasi dari Instansi yang Dituju dan contoh surat permohonan pindah dan contoh surat rekomendasi siap melepas dari daerah asal. mohon dikirim ke alamat email ariefbali21@yahoo.com

    ReplyDelete
  21. Mas minta tolong saya dikirimi contoh Surat Permohonan Pindah dari sekolah asal dan Surat Rekomendasi dari sekolah yang dituju melalui email saya parji65@gmail.com. Matur nuwun.

    ReplyDelete
  22. tolong dikirimin juga dong contoh pembuatan Surat Permohonan lolos butuh ke alamat email saya isaisyahpurnamasari@gmail.com please

    ReplyDelete
  23. Mas, saya guru dari Bengkulu, ijasah S1 pendidikan teknik mesin tetapi mengajar fisika dan sertifikasinya juga fisika. Mohon infonya untuk mutasi di Jogya, meliputi kebutuhan dan bagaimana dengan proses pemindahan tunjangan sertifikasi.Mohon juga mas bisa mengirim contoh berkas usulan pindah dan contoh-contoh surat yang lain yang sekiranya dibutuhkan untuk proses mutasi. Trimakasih mas. Email saya: haditri35@yahooo.co.id

    ReplyDelete
  24. Pak, Tolong saya dikirimi juga contoh Berkas2 untuk mengajukan Mutasi.
    email: garanevada61@gmail.com

    Terima Kasih..

    ReplyDelete
  25. Pak, saya juga mohon bantuan bapak dikirim contoh berkas2 permohonan mutasinya ya.. email saya: new_manhd@yahoo.com.com
    terima kasih... Wassalam

    ReplyDelete
  26. bs..cnth surat persetuan pindah/mutasi(rekomendasi dari kepala sekolahx mas) kalau blh tolong krm k email ahmadghin@gmail.com

    ReplyDelete
  27. tolong mas kirim kan cnjh surat persetujuan pindah/rekomendasi dari kepala sekolah yg di tuju. email aku eman.syahputra78@yahoo.com terima kasih.

    ReplyDelete
  28. ass..pak, sy mnta d krimkn contoh surat persetujuan mutasi dari sekolah yang d tinggalkn..email aku : muhdi.saleh@gmail.com terima kasih.

    ReplyDelete
  29. Assalamualaikum..
    gini mas sy ini pns dinas Kesehatan di salah satu kabupaten di Prop.NTT
    rencananya mau ngajuin permohonan pindah tugas ke instansi yg sama di Kab. lain di NTT juga. minta tlng mas kirimkn contoh surat permohonan pindah ke instansi yg sama pada Pemkab yg baru.
    terima kasih

    ReplyDelete
  30. Assalammualaikum
    Mas, untuk mutasi lintas instansi misal dr lembaga pusat ke pemda yogyakarta bagaimana y prosedurnya? Untuk mengetahui info lolos butuh apakah dapat langsung k BKD Yogya, ke bagian/unit apa y?. Trmksh

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum,
    Mas, untuk mutasi dari lembaga pusat k pemda yogya bagaimana y prosedurnya? Untuk info lolos butuh dari pemda yogya apakah dapat datang langsung k BKD Yogya, d bagian/unit apa y, mohon info. Trmksh.

    ReplyDelete
  32. Bagi rekan PNS guru Bahasa Inggris yang berminat dan berkenan menggantikan posisi kami mengajar di salah satu SMA Negeri di wilayah Belitung Selatan mohon menghubungi email kami di nisfiku@hotmail.com. Terima kasih.

    ReplyDelete
  33. Pak, Tolong saya dikirimi juga berkas2 yg diperlukan untuk mengajukan Mutasi ke Provinsi DIY.
    email: arelitimothy@gmail.com

    ReplyDelete
  34. pak, kok di download tidak bisa....

    Pak, tolong kirimi kami surat persetujuan/rekomendasi dari sekolah yang di tuju & sekolah asal.

    atau surat yang berhubungan tentang kepindahan saya ke Uptd Kecamatan lain di dalam Kabupaten.
    Email saya : affan.fadil@gmail.com

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih semoga Allah yg membalas kebaikan anda.

    ReplyDelete
  35. Pak, Tolong saya dikirimi juga berkas2 yg diperlukan untuk mengajukan Mutasi ke Provinsi DIY.
    Email : simoel_yadi@yahoo.co.id

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    ReplyDelete
  36. Pak, Tolong saya dikirimi juga berkas2 yg diperlukan untuk mengajukan Mutasi ke Provinsi DIY.

    Email : simoel_yadi@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  37. Tinggal download to ... udah ada semua di sini

    ReplyDelete
  38. pak sya jga minta tlng dikiriman contoh smua berkas mutasi..alamat email : sri_Yoonhae@gmail.com ..makasih

    ReplyDelete
  39. mas,,minta tolong kiriman contoh surat rekomendasi dari sekolah yang dituju...
    Email : ade.omar23@gmail.com

    ReplyDelete
  40. Pak, minta tolong contoh berkas-berkas permohonan mutasinya ke email saya: ry.hernawan@gmail.com

    ReplyDelete
  41. pak saya minta tolong contoh surat permohonan mutasi ke instansi yang kita tuju. bisakah dikirimkan ke email saya: heny.rsjd@gmail.com
    trimakasih banyak

    ReplyDelete
  42. Pak, Saya bisa minta contoh Surat Rekomendasi dari Instansi yang Dituju ?
    Tolong di email ke m.azkaalfarizi@gmail.com .
    Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  43. Saya juga dikirimkan contoh Surat Rekomendasi dari Instansi yang Dituju ya.
    tolong email ke elandromac@gmail.com. terimkasih

    ReplyDelete
  44. Maaf Pak.
    Saya juga minta dikirimkan contoh Surat Rekomendasi Instansi yang dituju dan Intansi yang ditinggalkan.
    Mohon email ke dediandrna82@gmail.com.
    Terimkasih.

    ReplyDelete
  45. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT ??

    Halo,
    Nama saya Mr Fred. Saya seorang pemberi pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kepada swasta dan
    individu perusahaan. Apakah Anda pernah ditolak oleh
    begitu banyak bank? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk membangun Anda
    bisnis? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk ekspansi Anda
    bisnis? Atau apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi? pinjaman saya
    berkisar. dari pribadi untuk pinjaman bisnis. minat saya
    Tingkat sangat terjangkau. 3%, dan paling 50.000,00 € maksimal € 500,000,000,000.00 €, proses kredit kami sangat cepat
    demikian juga. Saya sangat bersedia untuk membuat semua keuangan Anda
    mengacaukan sesuatu dari masa lalu. Jika Anda benar-benar siap untuk
    mendapatkan masalah keuangan Anda terpecahkan, Kemudian cari tidak ada
    lebih lanjut dan mengajukan pinjaman hari ini Email melalui:
    (Fredlarryloanfirm@gmail.com). Saya berharap dalam melakukan
    bisnis dengan Anda.

    Mr Fred larry
    CEO.

    ReplyDelete
  46. kalau PNS guru dari Banjarmasin ke Yogyakarta prosedurnya sama aja ga ya? apa sulitkah?

    ReplyDelete
  47. Mas Admin minta tolong saya dikirimi contoh Surat Permohonan Pindah antar propinsi dari sekolah asal dan Surat Rekomendasi dari sekolah yang dituju melalui email saya dwiharytazkynafs@gmail.com
    nb :

    Mf barangkali ada rekan2 dari Guru TIK SMP yang dari wilayah Yogya dan ingin MUTASI masuk keKota Salatiga bisa langsung Hubungi email atau kontak sy lsg di 081392977722 Matur nuwun.

    ReplyDelete
  48. Mas Admin minta tolong saya dikirimi contoh Surat Permohonan Pindah antar propinsi dari sekolah asal dan Surat Rekomendasi dari sekolah yang dituju melalui email saya s.nardi8153@gmail.com

    ReplyDelete