Free Download PCMAV 2.0b Edisi Juni 2009


Majalah PCMedia edisi Juni 2009 telah terbit dan kemarin saya membelinya di toko langganan saya. Sebenarnya dari kemarin ingin upload tapi koneksi error terus jadi malas dah. Akhirnya hari ini saya upload juga file PCMAV 2.0b Valkyrie ini. Mungkin karena sedang libur maka akses internet pun jadi cepat.
Apa yang baru di PCMAV 2.0b Valkyrie ini :
IMPROVED! Ditambahkan database pengenal dan pembersih 60 virus lokal/asing/varian baru yang dilaporkan menyebar di Indonesia. Total 2720 virus beserta variannya, termasuk virus Conficker yang canggih, yang banyak beredar di Indonesia telah dikenal di versi 2.0b ini oleh core engine PCMAV.
BUG FIXED! Pada versi sebelumnya RTP berjalan kurang sempurna di Windows XP/Vista, yang pada beberapa kondisi hingga mengakibatkan beberapa aplikasi tidak dapat dijalankan dengan sempurna.
BUG FIXED! Rutin scan memory tidak lagi gagal dalam mendeteksi beberapa virus jenis script.
BUG FIXED! Engine heuristic kini lebih akurat dalam mendeteksi file yang dicurigai.
NEW! Tambahan engine advanced heuristic yang dapat mendeteksi varian virus polymorphic yang banyak menyebar.
BUG FIXED! Scan melalui klik-kanan “Scan with PCMAV” kini dapat diintegrasikan di Vista tanpa masalah.
IMPROVED! Tampilan splash screen Cleaner dan RealTime Protector.
BUG FIXED! Kesalahan deteksi (false alarm) heuristik pada beberapa program dan script.
UPDATED! README.TXT
IMPROVED! Perubahan beberapa nama virus mengikuti varian baru yang ditemukan.
IMPROVED! Perbaikan beberapa minor bug dan improvisasi kode internal untuk memastikan bahwa PCMAV tetap dapat menjadi antivirus kebanggaan Indonesia.
Untuk Download PCMAV 2.0b Valkyrie ini klik link di bawah :

PCMAV 2.0b edisi Juni 2009

Mengenal Microsoft Access

Software PEnarik Uang Otomatis Masuk Rekening
Download Ratusan Ebook dan Software Bisnis
Panduan (Ebook dan Video Tutorial) dan Software Pembuat Website

Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalam Microsoft Office System 2007.

Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.

Sejarah

Microsoft merilis Microsoft Access 1.0 pada bulan November 1992 dan dilanjutkan dengan merilis versi 2.0 pada tahun 1993. Microsoft menentukan spesifikasi minimum untuk menjalankan Microsoft Access 2.0 adalah sebuah komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows 3.0, RAM berkapasitas 4 megabyte (6 megabyte lebih disarankan) dan ruangan kosong hard disk yang dibutuhkan 8 megabyte (14 megabyte lebih disarankan). Versi 2.0 dari Microsoft Access ini datang dengan tujuh buah disket floppy 3½ inci berukuran 1.44 megabyte.

Perangkat lunak tersebut bekerja dengan sangat baik pada sebuah basis data dengan banyak record tapi terdapat beberapa kasus di mana data mengalami kerusakan. Sebagai contoh, pada ukuran basis data melebihi 700 megabyte sering mengalami masalah seperti ini (pada saat itu, memang hard disk yang beredar masih berada di bawah 700 megabyte). Buku manual yang dibawanya memperingatkan bahwa beberapa kasus tersebut disebabkan oleh driver perangkat yang kuno atau konfigurasi yang tidak benar.

Nama kode (codename) yang digunakan oleh Access pertama kali adalah Cirrus yang dikembangkan sebelum Microsoft mengembangkan Microsoft Visual Basic, sementara mesin pembuat form antarmuka yang digunakannya dinamakan dengan Ruby. Bill Gates melihat purwarupa (prototype) tersebut dan memutuskan bahwa komponen bahasa pemrograman BASIC harus dikembangkan secara bersama-sama sebagai sebuah aplikasi terpisah tapi dapat diperluas. Proyek ini dinamakan dengan Thunder. Kedua proyek tersebut dikembangkan secara terpisah, dan mesin pembuat form yang digunakan oleh keduanya tidak saling cocok satu sama lainnya. Hal tersebut berakhir saat Microsoft merilis Visual Basic for Applications (VBA).

Penggunaan

Microsoft Access digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah, di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar, dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft Active Server Pages (ASP). Meskipun demikian, penggunaan Access kurang disarankan, mengingat telah ada Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi.

Beberapa pengembang aplikasi profesional menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara cepat (digunakan sebagai Rapid Application Development/RAD tool), khususnya untuk pembuatan purwarupa untuk sebuah program yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman.

Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien/server. Meskipun demikian, tampilan muka Access (form, report, query, dan kode Visual Basic) yang dimilikinya dapat digunakan untuk menangani basis data yang sebenarnya diproses oleh sistem manajemen basis data lainnya, seperti halnya Microsoft Jet Database Engine (yang secara default digunakan oleh Microsoft Access), Microsoft SQL Server, Oracle Database, dan beberapa produk lainnya yang mendukung ODBC.

Fitur

Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL); query dapat dilihat dan disunting sebagai statemen-statemen SQL, dan statemen SQL dapat digunakan secara langsung di dalam Macro dan VBA Module untuk secara langsung memanipulasi tabel data dalam Access. Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek.

Microsoft SQL Server Desktop Engine (MSDE) 2000, yang merupakan sebuah versi mini dari Microsoft SQL Server 2000, dimasukkan ke dalam Office XP Developer Edition dan dapat digunakan oleh Microsoft Access sebagai alternatif dari Microsoft Jet Database Engine.

Tidak seperti sebuah sistem manajemen basis data relasional yang komplit, Microsoft JET Database Engine tidak memiliki fitur trigger dan stored procedure. Dimulai dari Microsoft Access 2000 yang menggunakan Microsoft Jet Database Engine versi 4.0, ada sebuah sintaksis yang mengizinkan pembuatan kueri dengan beberapa parameter, dengan sebuah cara seperi halnya sebuah stored procedure, meskipun prosesur tersebut dibatasi hanya untuk sebuah pernyataan tiap prosedurnya. Access juga mengizinkan form untuk mengandung kode yang dapat dieksekusi ketika terjadi sebuah perubahan terhadap tabel basis data, seperti halnya trigger, selama modifikasi dilakukan hanya dengan menggunakan form tersebut, dan merupakan sesuatu hal yang umum untuk menggunakan kueri yang akan diteruskan (pass-through dan teknik lainnya di dalam Access untuk menjalankan stored procedure di dalam RDBMS yang mendukungnya.

Dalam berkas Access Database Project (ADP) yang didukung oleh Microsoft Access 2000 dan yang selanjutnya, fitur-fitur yang berkaitan dengan basis data berbeda dari versi format/struktur data yang digunakan Access (*.MDB), karena jenis berkas ini dapat membuat koneksi ke sebuah basis data MSDE atau Microsoft SQL Server, ketimbang menggunakan Microsoft JET Database Engine. Sehingga, dengan menggunakan ADP, adalah mungkin untuk membuat hampur semua objek di dalam server yang menjalankan mesin basis data tersebut (tabel basis data dengan constraints dan trigger, view, stored procedure, dan UDF). Meskipun demikian, yang disimpan di dalam berkas ADP hanyalah form, report, macro, dan modul, sementara untuk tabel dan objek lainnya disimpan di dalam server basis data yang membelakangi program tersebut.

Pengembangan dengan Access

Access mengizinkan pengembangan yang relatif cepat karena semua tabel basis data, kueri, form, dan report disimpan di dalam berkas basis data miliknya (*.MDB). Untuk membuat Query, Access menggunakan Query Design Grid, sebuah program berbasis grafis yang mengizinkan para penggunanya untuk membuat query tanpa harus mengetahui bahasa pemrograman SQL. DI dalam Query Design Grid, para pengguna dapat memperlihatkan tabel basis data sumber dari query, dan memilih field-field mana yang hendak dikembalikan oleh proses dengan mengklik dan menyeretnya ke dalam grid. Join juga dapat dibuat dengan cara mengklik dan menyeret field-field dalam tabel ke dalam field dalam tabel lainnya. Access juga mengizinkan pengguna untuk melihat dan memanipulasi kode SQL jika memang diperlukan.

Bahasa pemrograman yang tersedia di dalam Access adalah Microsoft Visual Basic for Applications (VBA), seperti halnya dalam beberapa aplikasi Microsoft Office. Dua buah pustaka komponen Component Object Model (COM) untuk mengakses basis data pun disediakan, yakni Data Access Object (DAO), yang hanya terdapat di dalam Access 97, dan ActiveX Data Objects (ADO) yang tersedia dalam versi-versi Access terbaru.

sumber : http://id.wikipedia.org

Mengenal Microsoft PowerPoint

Software PEnarik Uang Otomatis Masuk Rekening
Download Ratusan Ebook dan Software Bisnis
Panduan (Ebook dan Video Tutorial) dan Software Pembuat Website

Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.

Sejarah

Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.

Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.

Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).

Versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2007 (PowerPoint 12), yang dirilis pada bulan November 2006, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi *.pptx.

Operasi

Dalam PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafik, video, suara, dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan "slide". Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa, yang telah kuno, akibat munculnya perangkat lunak komputer yang mampu mengolah presentasi semacam PowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web).

PowerPoint menawarkan dua jenis properti pergerakan, yakni Custom Animations dan Transition. Properti pergerakan Entrance, Emphasis, dan Exit objek dalam sebuah slide dapat diatur oleh Custom Animation, sementara Transition mengatur pergerakan dari satu slide ke slide lainnya. Semuanya dapat dianimaskan dalam banyak cara. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diatur dengan menggunakaan Master Slide, dan struktur keseluruhan dari prsentasi dapat disunting dengan menggunakan Primitive Outliner (Outline).

PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai berikut:

* *.PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
* *.PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
* *.POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
* *.PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12.

[sunting] Kompatibilitas

Mengingat Microsoft PowerPoint merupakan program yang sangat populer, banyak aplikasi yang juga mendukung struktur data dari Microsoft PowerPoint, seperti halnya OpenOffice.org. OpenOffice.org Impress|Impress dan Apple Keynote. Hal ini menjadikan program-program tersebut dapat juga digunakan sebagai alternatif untuk PowerPoint, karena selain tentunya dapat membuka format PowerPoint, aplikasi-aplikasi tersebut tentunya memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh PowerPoint.

Meskipun demikian, karena PowerPoint memiliki fitur untuk memasukkan konten dari aplikasi lainnya yang mendukung Object Linking and Embedding (OLE), beberapa presentasi sangat bergantung pada platform Windows, berarti aplikasi lainnya, bahkan PowerPoint untuk Macintosh sekalipun akan susah untuk membuka presentasi tersebut, dan bahkan kadang-kadang tidak dapat membukanya secara sukses dalam Macintosh. Hal ini mengakibatkan adanya kecenderungan para pengguna untuk menggunakan format dengan struktur data yang terbuka, seperti halnya Portable Document Format (PDF) dan juga OpenDocument dari OASIS yang digunakan oleh OpenOffice.org dan tentunya meninggalkan PowerPoint. Microsoft juga sebenarnya sudah melakukan hal serupa saat merilis format presentasi berbasis XML (PowerPoint 12), meskipun hingga saat ini masih banyak pengguna yang tetap menggunakan PowerPoint 11 (Microsoft Office PowerPoint 2003) yang masih berbasis data biner.

sumber : http://id.wikipedia.org

Mengenal Microsoft Excel 2007 - Perbedaan Mendasar Excel 2007 dengan yang Sebelumnya




Software PEnarik Uang Otomatis Masuk Rekening
Download Ratusan Ebook dan Software Bisnis
Panduan (Ebook dan Video Tutorial) dan Software Pembuat Website




Di bawah ini saya akan memaparkan perbedaan mendasar Excel 2003 dan Excel 2007. Klasifikasi poin yang saya buat berdasarkan pengamatan sendiri, bukan mengacu pada standar tertentu.


  1. Jumlah baris

  2. Excel 2003 hanya menyediakan 65,536 baris, sedangkan Excel 2007 menyediakan 1,048,576 baris. Apakah ini sebuah kelebihan Excel 2007? Belum tentu! Ini tergantung pekerjaan Anda, berapa banyak baris yang Anda butuhkan. Jangan berkata bahwa Anda selalu berurusan dengan file database dengan jumlah baris sangat banyak. Jika ingin membuat database, gunakan Microsoft Access yang menyediakan banyak baris, bukan Microsoft Excel.

  3. Jumlah kolom

  4. Excel 2003 menyediakan 256 kolom, sedangkan Excel 2007 menyediakan 16,384 kolom. Jika Anda masih menganggap ini kelebihan Excel 2007, berarti Anda tidak membaca nomor 1 :)

  5. Bug aneh itu :D

  6. Buka Excel 2007 Anda, coba kalikan 77.1 dengan 850. Jika hasilnya 100,000, artinya Excel 2007 Anda masih belum di patch. Untuk memperbaikinya, dapat mendownload programnya di sini. Hei, saya berusaha untuk fair. Pada perbandingan di bawah ini saya membandingkan Excel 2003 SP3 dengan Excel 2007 SP 1 atau yang sudah di-patch.

  7. Kecepatan macro

  8. Ada yang pernah memperhatikan perbedaan kecepatan Macro Excel 2003 dan Excel 2007? Saya melakukan pada beberapa program yang saya buat dan mendapatkan macro di Excel 2007 bekerja lebih lambat. Sebagai buktinya, coba Anda download games ini, kemudian jalankan di Excel 2003. Setelah itu jalankan di Excel 2007. Coba bandingkan.

  9. Record macro

  10. Record Macro di Excel 2007 memang tidak menunjukkan masalah yang signifikan.... sampai Anda mencoba merekam aktivitas Anda membuat Chart. Buatlah sebuah aktivitas pembuatan chart yang rumit, rekam dengan Excel 2003. Lakukan proses yang sama di Excel 2007 dan bandingkan hasilnya.

  11. Pivot table

  12. Excel 2007 mempunyai fitur pivot table yang benar-benar baru, benar-benar canggih, benar-benar keren... kecuali saat Anda harus mengirimkan pekerjaan Anda ke boss Anda yang menggunakan Excel 2003 dengan compatibility pack :D hahaha.... Bahkan dengan melakukan save as sebagai Excel 2003, Anda akan menemui masalah. Anyway, jika dipandang dari jumlah data yang dapat diolah, Excel 2007 jauh lebih baik. Dengan jumlah kolom sebanyak 16,384 kolom, Excel 2007 dapat memberikan pivot table yang lebih baik dibanding Excel 2003 yang hanya mampu menampilkan 255 kolom.

  13. Macro pada workbook yang terproteksi

  14. Protect workbook 2007 Anda, jika workbook tersebut mengandung macro... maka saya belum menemukan cara untuk mengaktifkan macronya.

  15. List / tabel

  16. Harus diakui, Excel 2007 memiliki berbagai format tabel yang menarik dan siap pakai.

  17. Formula

  18. Excel 2007 memiliki banyak tambahan formula. Sayangnya, jika Anda melakukan save as ke versi Excel yang lebih rendah dan mengirimkannya ke teman Anda yang menggunakan Excel 2003, nampaknya mempelajari formula-formula ajaib di XL-mania akan lebih berguna untuk menggantikan formula baru seperti SUMIFS.

  19. Penampilan grafik / chart

  20. Excel 2007 memiliki penampilan yang menakjubkan untuk grafik / chart. Bahkan warna defaultnya juga sangat menarik dibandingkan versi Excel yang lebih lama.

  21. Refresh grafik / chart

  22. Cobalah buat sebuah chart yang rumit dan berwarna-warni. Masukkan data dengan formula =RAND( ) sehingga chart berubah saat menekan F9. Bandingkan kecepatannya antara Excel 2007 dan Excel 2003. Ternyata untuk penampilan yang indah di Excel 2007, terdapat pengorbanan kecepatan refresh chart.

  23. Drag drop data pada grafik / chart

  24. Di Excel 2003, jika Anda melakukan seleksi pada sebuah area, kemudian melakukan drag-drop seleksi tersebut ke sebuah chart, maka terdapat fitur penambahan data otomatis. Di Excel 2007, Anda tidak akan menemukan fitur ini.

  25. Membuka / menutup file

  26. Di Excel 2007, saat membuka atau menutup file, seringkali terjadi sedikit delay. Artinya, jika dibandingkan dengan Excel 2003, dengan spesifikasi komputer yang sama dan file yang sama, performa Excel 2007 dalam aktivitas ini lebih lambat dibanding pendahulunya.

  27. Export atau save as ke .dbf

  28. Di Excel 2007 Anda tidak menemukan fitur untuk export atau save as ke format .dbf.

  29. Kompatibilitas

  30. Saya tidak bicara bahwa Excel 2003 tidak bisa membuka format .xlsx dari Excel 2007 *dooohhh*. Maksud saya di sini adalah ada beberapa format yang tidak bisa dibuka oleh Excel 2007 seperti: WK1 (1-2-3); WK4 (1-2-3); WJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3); WKS (1-2-3); WK3,(1-2-3); WK1,FMT(1-2-3); WJ2 (1-2-3 Japanese) (.wj2); WJ3, FJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3); DBF 2 (dBASE II); WQ1 (Quattro Pro/DOS); WK3,FM3(1-2-3); Microsoft Excel Chart (.xlc); WK1,ALL(1-2-3); WJ1 (1-2-3 Japanese) (.wj1); WKS (Works Japanese) (.wks). Selain itu ada beberapa format yang dapat dibuka, tapi tidak dapat disimpan: Microsoft Excel 2.1 Worksheet; Microsoft Excel 2.1 Macro; Microsoft Excel 3.0 Worksheet; Microsoft Excel 3.0 Macro; Microsoft Excel 4.0 Worksheet; Microsoft Excel 4.0 Macro; Microsoft Excel 97- Excel 2003 & 5.0/95 Workbook; Microsoft Excel 4.0 Workbook; DBF 3 (dBASE III); DBF 4 (dBASE IV).

  31. Jumlah kondisi pada conditional formatting

  32. Jumlah kondisi pada conditional formatting di Excel 2003 hanya 3 kondisi [6 kondisi kalau pakai jurus XL-mania]. Di Excel 2007? Buaaannyyyyakkkkkk kondisi.

  33. Variasi pada conditional formatting

  34. Jika di Excel 2003, conditional formatting hanya mengubah warna font, cell, border, dan lain-lain, di Excel 2007 mungkin "dan lain-lain" nya itu lebih indah :D Anda bisa menambahkan data bar, icon sets, color scales, atau kombinasinya. Sungguh indah!

  35. Akibat pemakaian conditional formatting

  36. Akibat dari nomor 17? Jika Anda menggunakan terlalu banyak kondisi pada Excel 2007... Performa Excel 2007 dalam hal kecepatan akan sangat menurun drastis. Bahasa sederhananya? Excel 2007 Anda jadi lambat!

  37. Toolbar

  38. Di Excel 2003, kustomisasi toolbar sangat fleksibel, sedangkan di Excel 2007 kurang. Jika di Excel 2003 semua command yang dapat dimunculkan atau dihilangkan, di Excel 2007 Anda hanya dapat mengubah menu di toolbar quick access, sedangkan di menu besar seperti pita ituuuhhh... Anda hanya dapat menyembunyikannya.

  39. Pallet warna

  40. Excel 2007 memberi lebih banyak pilihan warna dan kustomisasi pallet warna yang lebih mudah. Masalahnya... mungkin karyawan wanita Anda akan lebih lama memilih warna-warna itu sambil berteriak "...iiihhh lucuuuuuuu...." :D :D :D

  41. Jumlah warna di workbook

  42. Di Excel 2003, jumlah warna maksimal di workbook hanya 56. Sedangkan di Excel 2007 4.3 milyar. Hmmmm... Apakah Anda mau menggantikan Photoshop dengan Excel 2007? Perlukah warna sebanyak itu untuk pekerjaan pada sebuah spreadsheet? :)

  43. Penggunaan pattern pada format cell dan chart

  44. Jika di Excel 2003 Anda dapat menggunakan pattern yang bermacam-macam pada cell dan chart, di Excel 2007 Anda tidak akan menemukannya. Ini dapat menjadi masalah bagi penggemar art hitam putih atau pengguna printer laser :)

  45. Sorting

  46. Di Excel 2003 Anda hanya dapat melakukan sort denga fitur yang disediakan berdasarkan 3 field. [Di sini kita abaikan macro dan teknik tricky lainnya yang mungkin tidak akan digunakan oleh newbie]. Di Excel 2007... 64 field! Nilai plus buat Excel 2007! Uhmmmm... Ada yang pernah melakukan sort berdasarkan 10 field?

  47. Item pada autofilter

  48. Di Excel 2003, jumlah item pada autofilter hanya 1,024, jauh lebih sedikit dibandingkan Excel 2007 yang mampu menampilkan sebanyak 32,768. Yang satu ini memang benar-benar kelebihan Excel 2007, karena banyak kasus di dunia nyata dimana kita harus memfilter lebih banyak dari 1,024 item.

  49. Jumlah huruf yang ditampilkan dan dicetak

  50. Excel 2007 memberi lebih banyak karakter yang ditampilkan dan dicetak dalam 1 cell, yaitu 32,768. Angka ini jauh di atas Excel 2003 yang hanya memberikan 1,024. Tapi... jika Anda memerlukan karakter sebanyak itu dalam satu cell, mengapa tidak gunakan Microsoft Word? :D :D :D

  51. Cell style unik

  52. Style unik cell dalam sebuah workbook yang diizinkan di Excel 2003 hanya 4,000, sedangkan di Excel 2007 sebanyak 65,536. Setidaknya, Anda akan lebih jarang menemukan pesan "too many different cell formats" di Excel 2007.

  53. Panjang formula

  54. Panjang formula maksimal di Excel 2007 adalah 8,192 karakter, jauh lebih panjang dari Excel 2003 yang hanya mampu mengakomodasi 1,024 karakter. Saya sendiri jarang membuat formula sepanjang ratusan karakter... Pastinya di Excel 2007 Anda dapat membuat formula "terbilang" dan bukan macro "terbilang". Hehehe...

  55. Maksimum loop dalam sebuah formula

  56. Sampai Excel 2003, jumlah nested IF dalam sebuah formula misalnya, hanya dibatasi sampai 7 buah, sedangkan di Excel 2007 sampai 64 buah. Anyway, jika Anda sudah menemukan kondisi di mana Anda harus menulis =IF( IF( IF( IF( IF( .... )))))... mungkin sudah saatnya Anda mengganti formula Anda dengan VLOOKUP, INDEX, MATCH, atau formula lainnya.

  57. Jumlah argument dalam formula

  58. Seiring dengan kemampuan mengeksekusi formula yang lebih panjang, Excel 2007 juga mampu mengakomodasi sampai 255 argumen pada sebuah formula. Angka ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan Excel 2003 yang hanya mampu mengakomodasi 30 argumen.

  59. Interface keseluruhan

  60. Excel 2007 membingungkan untuk pertama kali. Itu saja komentar saya. Anyway... mungkin ini karena terbiasa dengan tampilan Excel versi sebelumnya. Jadi... mari belajar lagi..

  61. Stabilitas

  62. Ada beberapa file saya yang sering gagal disimpan di Excel 2007 atau dibuka di Excel 2007. Ada yang mengalami hal ini? Ada juga beberapa file .xlsx yang jika di zip dengan winzip atau winrar, saat diextract lagi menjadi pecahan file. Apakah ada yang mengalami ini juga?

  63. Format XML

  64. Penggunaan XML di Excel 2007 memudahkan integrasi data yang lebih baik antar file dan antar sistem. Selain itu, dengan format ini recovery file yang rusak lebih mudah, dan memungkinkan ukuran file lebih kecil.

  65. Hubungan dengan rekan kerja

  66. "Pak, tolong dong formatnya diganti ke Excel yang bukan 2007..." Familiar dengan kalimat ini? Selama pooling di kanan bawah tersebut masih menunjukkan pengguna Excel 2007 yang lebih sedikit....


sumber : www.XL-mania.com

Membuat Ukuran Baris Dan Kolom Excel Sama Besar

Software PEnarik Uang Otomatis Masuk Rekening
Download Ratusan Ebook dan Software Bisnis
Panduan (Ebook dan Video Tutorial) dan Software Pembuat Website

Hai pengunjung blog jun yang terhormat, nah pada kesempatan kali ini saya ingin kembali berbagi pengetahun, masih tentang microsoft excel 2007, dan juga melanjutkan dari materi yang telah lalu. Nah di sini saya ingin membaritahukan cara mengatur ukuran baris (row) dab kolom (colum) dari sheet microsoft excel kita agar sama ukuranya. Oke kita mulai saja.

1. Nah saya anggap anda sudah membuka microsoft excel 2007 dan kursor anda sedang aktip di.. emm…. Nah misalnya kita samkan aja di cel C5, yaitu colom C, Baris ke 5. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.

Meletakkan Posisi Kursor

Meletakkan Posisi Kursor

2. Nah Kemudian setelah itu pilih range atau kumpulan cell yang akan kita atur tinggi barisnya, misalnya range tersebut adalah dari cell C5 Samapi F10. (Perhatikan gambar).

Memilih Range di excel 207

Memilih Range di excel 207

3. Kemudian pilih menu Format > row height dan isikan nilainya misalnya 30. Perhatikan perubahan yang terjadi pada sheet anda.

3

4. Nah untuk merubah lebar kolom, lakukan dengan cara yang sama, klik kembali menu Fomat > Colum witdth dan isikan dengan nilai 15. Lihat gambar.

Mengganti lebar kolom

Mengganti lebar kolom

5. Nah setelah selesai coba anda lihat hasil akhirnya (perhatikan sheet anda).

Mengganti lebar baris dan kolom

Mengganti lebar baris dan kolom

sumber : http://junaja82.wordpress.com

Mengenal Microsoft Excel 2007

Software Penarik Uang Otomatis Masuk Rekening
Download Ratusan Ebook dan Software Bisnis
Panduan (Ebook dan Video Tutorial) dan Software Pembuat Website

Hai pengunjung blog yang saya hormati, nah kali ini saya ingin bebagi pengetahuan seputar microsoft office excel 2007, ya di sini saya targetkan untuk pengguna pemula. Bagi anda yang mungkin sudah mahir, mungkin agak bersabar nanti tutorial kita juga akan menuju ke sana, tapi jika anda sekarang juga ingin melihat tutorial excel advance dapat anda klik aja langsung di www.videobelajar.com.

Oke untuk perama kali ini, saya akan perkenalkan cara menjalankan microsoft excel, khusunya versi 2007 dari paling awal. Talk less do more, kita mualai saya.

1. Jalan kan microsoft excel anda dengan cara klik tombol start > Run, kemudian ketikkan Excel (lihat gambar).

Memulai Microsoft Office

Memulai Microsoft Excel

2. Kemudian akan tampil Book yang baru atau area kerja di excel, dimana di dalam satu book ini default atau standartnya terdiri dari 3 sheet. sheet itu merupakan lembaran kerja dari book excel tempat kita mengolah data.

Book Excel 2007

Book Excel 2007

3. Selanjutnya Kita dapat mengenal bagian-bagian utama dari book excel kita. Secara umum tampilannya hampir sama dengan versi sebelumnya, malah jika anda sudah terbisanya anda akan rasakan lebih mudah mengguanakan versi 2007 ini. Bagian utamanya yaituterdapat menu bar, ribbon, baris atau row, kolom atau colum dan Cell yang merupakan pertemuan antara baris dan kolom. Perhatikan gambar di bawah ini.

Area Kerja Excel 2007

Area Kerja Excel 2007

sumber : http://junaja82.wordpress.com


Cara Memulai Microsoft Word

Software PEnarik Uang Otomatis Masuk Rekening
Download Ratusan Ebook dan Software Bisnis
Panduan (Ebook dan Video Tutorial) dan Software Pembuat Website

1.1. Memulai Microsoft Word

Secara default, saat pertama kali menjalankan Microsoft Word, maka akan terbentuk

dokumen kosong yang diberi nama doc1. Pada dokumen tersebut dapat diketikkan naskah

yang akan Anda buat.

Untuk memulai Microsoft Word dapat melalui lima cara :

1. klik ganda icon program word pada desktop

2. klik shortcut menu word

3. klik office program bar pada menu start

4. klik nama dokumen/file word bila pernah mengetik dokumen dengan word

5. dengan windows explorer atau start menu find, cari file Microsoft Word atau

Winword(tipe file : application atau shortcut) kemudian klik ganda.

Pengoperasian Microsoft Word dapat melalui :

1. memilih menu pada Menu Bar

2. menekan tombol-tombol pada Toolbar

3. menekan Shortcut.

Untuk pemilihan menu dengan keyboard dapat digunakan tombol F10 yang diikuti

penggunaan tombol panah dan Enter, atau dengan menekan tombol Alt diikuti dengan

tombol huruf yang bergaris bawah pada menu dimaksud. Jika menggunakan mouse maka

gerakkan mouse pada menu yang dimaksud (ditandai dengan bentuk seperti tombol pada

menu yang terletak pada cursor), kemudian tekan tombol mouse kiri untuk menampilkan

isi menu tersebut

1.2. Membuat File Baru

Untuk membuat file baru, Anda dapat memilih menu File-New atau tekan tombol

atau tekan shortcut Ctrl+N

1.3. Penyimpanan File

Setelah dokumen selesai dibuat, dapat disimpan dengan memilih menu File-Save atau

tombol Toolbar

atau tekan shortcut Ctrl+S. Setelah memilih menu tersebut

bilamana anda belum pernah menyimpan file anda sebelumnnya maka akan pada layar

akan muncul tampilan

Masukkan nama file pada kolom File Name dan kemudian tekan Enter atau pilih tombol

Save. Nama file tersebut dapat terdiri maksimum 255 karakter, bisa menggunakan titik

atau spasi, tetapi tidak boleh menggunakan karakter * dan ?. Secara default, nama file

tersebut akan diberi extention .doc oleh Microsoft Word. Dapat juga anda menentukan

letak penyimpanan dengan memilih pada kotak dialog save in atau mengetikkan pada file

name beserta nama filenya.

Untuk membatalkan dapat menekan Escape atau tombol Cancel. Secara default, folder

tempat penyimpanan dokumen Anda adalah My Documents.

1.4. Membuka File

Untuk membuka dokumen yang ada, dapat memilih menu File-Open atau tekan tombol

toolbar

atau tekan shortcut Ctrl+O

Pilihlah dokumen yang akan dibuka dan kemudian tekan tombol Open, atau jika daftar

tersebut terlalu banyak, maka dapat Anda ketikkan nama file (bisa hanya beberapa huruf

depan saja) kemudian pilihlah nama dokumen yang ingin anda gunakan.

Berikut untuk mencari file bilamana anda tidak dapat menemukan file yang anda

inginkan atau lupa dimana anda menyimpannya. Pilihlah Tools – Search

1.7. Edit

Untuk memindahkan suatu bagian dokumen ke lain tempat, juga tidak perlu menghapus

dokumen lama kemudian mengetik ulang dokumen tersebut di tempat yang baru

melainkan dengan menduplikatnya atau memindahkan saja.

Menduplikat atau memindahkan dokumen tersebut dapat dilakukan dengan cara :

1. Sorot bagian dokumen yang akan Anda duplikat/pindahkan. Penyorotan/memblok

dapat menggunakan mouse ataupun tombol keyboard :

• Kombinasi tombol SHIFT

o SHIFT+CTRL+Panah kiri : blok hingga awal kata

o SHIFT+CTRL+Panah kanan : blok hingga akhir kata

o SHIFT+HOME : blok hingga awal baris

o SHIFT+END : blok hingga akhir baris

o SHIFT+CTRL+HOME : blok hingga awal dokumen

o SHIFT+CTRL+END : blok hingga akhir dokumen

• EXT/modus extended selection

o Tekan tombol F8 dua kali : blok suatu kata

o Tekan tombol F8 tiga kali : blok suatu kalimat

o Tekan tombol F8 empat kali : blok suatu paragraph

o Tekan tombol F8 lima kali : blok section

o Tekan tombol F8 enam kali : blok seluruh dokumen

• Pointer mouse

o Klik ganda suatu kata : blok kata

o CTRL+klik suatu kalimat : blok kalimat

o Klik didepan baris saat pointer berbentuk anak panah : blok baris

o Drag didepan baris : blok sekelompok baris

o Klik ganda didepan baris dengan pointer panah : blok paragraph

o CTRL+klik didepan baris dengan pointer panah : blok seluruh dokumen

o ALT+klik pointer pada naskah : blok segiempat

o Untuk membatalkan blok, klik pointer di sembarang tempat.

2. Jika Anda bermaksud menduplikat dokumen, pilih menu Edit-Copy atau tekan tombol

atau tekan shortcut Ctrl+C.

3. Tetapi jika Anda hendak memindahkan dokumen, pilih menu Edit-Cut atau tekan

tombol

atau tekan shortcut Ctrl+X.

4. Pindahkan cursor ke tempat yang baru, kemudian pilih menu Edit Paste atau tekan

tombol

atau tekan shortcut Ctrl+V.

5. Jika Anda hendak memilih keseluruhan dokumen, dapat dilakukan tanpa harus

menggeser mouse atau menekan tombol panah pada keyboard. Cukup dengan memilih

menu Edit-Select All atau CTRL+A.

6. Jika Anda melakukan kesalahan dalam melakukan perubahan pada dokumen dan

berniat membatalkannya, dapat memilih menu Edit-Undo atau menekan tombol

atau shortcut Ctrl+Z. Tombol yang bergambar segitiga digunakan untuk menampilkan

daftar perubahan yang telah Anda buat, dan dapat dipilih sekaligus sehingga tidak perlu

menekan tombol tersebut berulang-ulang.

7. Untuk melaksanakan kembali perubahan yang telah dibatalkan, Anda dapat

melaksanakannya dengan memilih menu Edit-Redo atau menekan tombol

atau

shortcut Ctrl+Y.

8. Untuk menemukan suatu teks tertentu pada dokumen, dapat digunakan fasilitas find

yang terdapat pada menu Edit-Find… atau tekan shortcut Ctrl-F.

Pada kolom Find what dapat Anda ketikkan teks yang Anda cari, kemudian tekan tombol

Find Next. Jika teks yang Anda cari ditemukan, maka teks tersebut akan tampil dalam

keadaan terpilih (ter-blok).

9. Untuk mengganti suatu teks dengan teks yang lain, maka dapat Anda gunakan menu

Edit-Replace… atau shortcut Ctrl-H atau jika Anda sudah berada pada tampilan Find di

atas, dapat langsung tekan pada bagian Replace.

Masukkan kata yang akan diganti pada kolom Find What dan ketikkan kata penggantinya

pada Replace With. Kemudian dapat ditekan tombol Find Next. Jika teks yang akan

diganti ditemukan, maka teks tersebut akan ditampilkan dalam keadaan terpilih (ter-

blok), dan tentukan apakah akan mengubah teks tersebut atau tidak, atau bahkan

mengubah semua teks pada seluruh dokumen. Jika hanya mengubah teks yang terpilih

saja, maka dapat ditekan tombol Replace, tetapi jika diinginkan mengubah seluruh teks

pada dokumen tanpa konfirmasi lagi, dapat ditekan tombol Replace All.

10. Untuk menuju halaman tertentu, dapat dipilih menu Edit-Go To… atau tekan shortcut

Ctrl-G.

Nomor halaman yang kita tuju dapat diketikkan pada bagian Enter Page Number,

kemudian tekan tombol Next.

Selain digunakan untuk menuju halaman tertentu, menu Go To ini juga dapat digunakan

untuk menuju nomor section, baris, footnote, endnote dll dengan cara memilih pada

bagian Go To What

sumber : http://reezky94.blogspot.com

Mengenal Tampilan Microsoft Word


Memulai Microsoft Word

Start --» Program --» (Microsoft Office) --» Microsoft Word


Screen Layout atau tampilan, adalah sebuah tampilan yang ditunjukkan komputer pada saat Anda mengoperasikan program ini. Tampilannya seperti gambar dibawah ini :

Pada bagian Baris Judul, kita dapat melihat nama file yang sedang kita buka.



Menu

Di dalam menu, terdapat beberapa perintah yang dapat kita pilih dengan menyorot perintah tersebut pada baris menu.

Toolbar
Toolbar menyediakan beberapa tombol sederhana yang dipakai untuk mengakses sebuah perintah yang tertulis pada menu. Cara memakainya dengan memencet/klik pada tombol-tombol tersebut


Toolbar Standar


Toolbar Format

Membuat Dokumen Baru

Apabila kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan document kosong yang siap untuk ditulisi. Namun jika komputer tidak secara otomatis langsung menyediakan document kosong tersebut, maka kita bisa menggunakan cara berikut :
1. Pada menu kita pilih File, lalu pilih New, lalu pilih lalu pilih Blank Document
2. Double Click pada Blank Document
3. Documen siap digunakan

Atau kita bisa klik tombol Blank Dokumen yang ada pada standard toolbar

Kita juga bisa menggunakan tombol Ctrl + N


Membuka file yang sudah tersimpan

1. Klik menu File dan pilih tombol Open, maka akan tampil kotak dialog open
2. Pilih file yang akan dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu
3. klik pada nama file
4. klik tombol Open, maka file akan dibuka oleh microsoft word

Atau kita juga bisa menggunakan icon pada toolbar. Klik pada icon Open


Dan kita juga bisa menggunakan Ctrl + O


Menyimpan Dokumen

Segera setelah melakukan pengetikan dokumen dilakukan penyimpanan, hal ini dilakukan untuk menghindari kehilangan dokumen. Lakukan penyimpanan sesering mungkin untuk kehilangan file akibat komputer mati mendadak.

1. Pada jendela microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Save
2. Pada layar akan muncul kotak dialog Save File. Ketikkan nama file lalu klik Save

Kita juga bisa menggunakan tombol save yang ada dalam toolbar


Atau juga dengan menekan tombol Ctrl + S

Menutup File Dokumen

1. Pada jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Close. Maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang aktif.
2. Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu





Mengakhiri/Menutup jendela Microsoft Word

Sebelum mengakhiri Microsoft Word pastikan bahwa file Anda telah tersimpan dengan benar.

1. Pada jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Exit. Maka jendela Microsoft Word akan tertutup.
2. Selain dengan menggunakan menu File, untuk menutup jendela Microsoft Word kita juga bisa mengklik tombol X yang terletak pada pokok kanan atas jendela Microsoft Word.
sumber : http://www.keuskupanbogor.org

Mengenal Microsoft Word

  1. Sejarah Microsoft

Sejarah panjang perjalanan Microsoft Office hingga saat ini, banyak perubahan dan penambahan fasilitas sejak pertama kali diluncurkan tanggal 30 Agustus 1992. Waktu itu aplikasi perkantoran ini diberi nama Microsoft Office versi 3.0. Pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft Excel sebagai pengolah angka, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.

Setelah populer dengan Microsoft Office 3.0, pada tahun 1995-an Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan sistem operasi Microsoft Windows 95. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operais PC saat itu. Sejalan dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia.

Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002) dan Microsoft Office 2003.

Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan Microsoft Office 2003 masih belum tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi dan sistem operasi yang juga terus berkembang, maka diluar dugaan Microsoft kembali akan meluncurkan Microsoft Office 2007 bersamaan dengan Windows Vista yang sebentar lagi akan hadir di tengah-tengah masyarakat komputer dunia.

  1. Cara Menggunakan Microsoft Word

Cara memulai Microsoft Word adalah sebagai berikut

1. Aktifkan Komputer terlebih dahulu.

2. Klik tombol Start yang ada pada batang taskbar.

3. Muncul sejumlah menu, pilih All Program.

4. Klik Microsoft Office.

5. Klik Microsoft Office Word.

6. Tunggu hingga tampil layar Microsoft Word yang masih kosong.


Menu Bar

Berisi daftar menu yang dapat kita gunakan, dimana menu ini mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya. Misalnya Menu File, maka sub menu-nya berisi segala hal yang berkaitan dengan file, begitu juga dengan menu yang lainnya. Standarnya menu ini terdiri dari Menu

File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Windows dan Help tapi daftar menu juga dapat kita tambahkan sesuai dengan keperluan kita. Menu ini dapat kita pilih dengan cara meng-klik nama menu atau dengan tombol Alternate (ALT)+huruf yang bergaris bawah pada menu secara bersamaan. Misal kita akan mengaktifkan menu file maka klik-lah menu tersebut atau dengan menekan tombol ALT+F (tekan secara bersamaan).


Toolbar Standar

Merupakan kumpulan icon-icon standar yang disediakan oleh Word secara otomatis. Walaupun begitu icon dari toolbar ini juga dapat kita tambah atau dikurangi sesuai keperluan.

Untuk mengetahui nama dari icon-icon tersebut dapat dilakukan dengan mengarahkan pointer mouse pada icon yang dituju, tunggu sesaat sehinggan tampil nama dari icon tersebut. Misalnya kita arahkan pointer mouse pada icon yang bergambar printer, maka akan keluar informasi nama dari icon tersebut.


Toolbar Formatting

Termasuk toolbar default yang disediakan oleh Word 2003. Toolbar ini berisi kumpulan icon-icon yang berfungsi dalam pemformatan pada Word 2003.

Ruler

sesuai dengan namanya, bagian ini berfungsi sebagai alat bantu dalam penentuan margin (batas) dari lembar kerja. Apakah batas kiri, kanan, paragraph dan lain-lain. Ruler ini dapat kita atur ukurannya, apakah centimeter, inchi, millimeter, points atau pica. Untuk menentukan ukuran ini dapat dilakukan dengan cara :

  • Klik menu tool,

  • Lalu klik Options pada kotak dialog option

  • Klik general pada kotak

  • Pilihan measurement units tentukan jenis pengukuran yang diinginkan,

  • Lalu klik OK


Scrollbar

Berfungsi untuk menggeser layar kerja. Jika menggeser layar kerja ke kiri atau ke kanan gunakan horizontal scroll bar, atau menggeser layar kerja ke atas dan ke bawah gunakan vertical scroll bar.


  1. Membuat Dokumen Baru

Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, ada 2 cara yang dapat menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.

    • Click icon atau tekan Alt+F New Blank Document.

    • Tekan Ctrl+N pada keyboard


  1. Membuka File yang sudah Tersimpan

Ada beberapa cara untuk membuka file yang telah tersimpan dalam folder komputer kalian, antara lain :

    • Click icon atau tekan Alt+F Open.

    • Tekan Ctrl+O pada keyboard

Dari ketiga cara di atas, akan menghasilkan tampilan kotak dialog Open File, pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu. Click tombol Open, maka file yang dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.

  1. Menyimpan Dokumen

Segera setelah memulai penulisan sebuah dokumen sedapat mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini bertujuan untu menghindari dari hilangnya dokumen.

Ada beberapa cara untuk menyimpan file dalam folder komputer kalian, antara lain:

    • Click icon atau tekan Alt+F Save As

    • Klik icon Save pada ribbon

    • Tekan Ctrl+S pada keyboard

    • Kemudian akan ditampilkan kotak Dialog Save As. Ketikkan nama file dokumen anda, dan Click Save.

  1. Menutup File Dokumen

    • Click icon atau tekan Alt+F Close.

    • Klik icon pada ribbon

  2. Menutup Jendela Microsoft Word

Pada saat menutup jendela Microsoft word, anda pastikan terlebih dahulu bahwa dokumen telah tersimpan dengan benar.

    • Click icon atau tekan Alt+F Exit Word.

    • Click pada kanan atas dari jendela Microsoft Word



Sejarah E-mail

Software Penarik Uang Otomatis Masuk Rekening
Download Ratusan Ebook dan Software Bisnis 
Panduan (Ebook dan Video Tutorial) dan Software Pembuat Website


Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan.

Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.

Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah 'e-mail'. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah "QWERTYUIOP".

Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ' @ ' sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti "at" atau "pada".


Sebuah alamat e-mail terdiri atas dua bagian seperti contoh di atas, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id (paksiman), yang menunjukkan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambang @ (gmail.com) disebut domain name/hostname, yang menunjukkan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.

Mulai tahun 1980-an surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

Manfaat Jaringan 2

Software Penarik Uang Otomatis Masuk Rekening
Download Ratusan Ebook dan Software Bisnis
Panduan (Ebook dan Video Tutorial) dan Software Pembuat Website
Usaha Web : Daftar Gratis dapat bonus 100 Ribu
Artikel Jaringan Komputer tentang bagaimana cara Setting Mikrotik RouterOS PPPoE Client Sebagai Gateway Telkom Speedy.

Dengan jaringan komputer yang baik tentu jaringan internet pasti lebih kenceng.

Setup modem adsl anda sebagai bridge protocol mode.

Settingnya dapat anda temukan dari manual masing-masing modem Biasanya setting bridging protocol pada beberapa modem, ada pada menu Advance setup > WAN.

Kemudian lakukan save/reboot.

Selesai setting modem sebagai bridging (password dan user ID tidak tersimpan dimodem).

Bagi yang ingin mengganti IP address default modem bisa di konfigurasi terlebih dahulu melalui PC client.

Caranya : Masuk ke ke modem melalui browser dan masuk ke menu (biasanya) Advance Setup > LAN IP Address Contoh 192.168.1.1 lakukan save/reboot. (sekarang IP modemnya adalah 192.168.1.1) Kemudian lakukan pengubahan IP juga pada komputer client (tempat anda melakukan setup modem) menjadi (misalnya) 192.168.1.2 selesai.

Buka browser dan coba ketik IP modem (192.168.1.1 ). Berhasil?

Kita lanjut ke CPU Mikrotik RouterOS nya. Tentukan IP Address masing-masing LAN card anda.

(dibutuhkan minimal 2 LAN Card pada komputer yang akan dipasangi mikrotik) Card LAN yang akan ke modem 192.168.1.2 (PUBLIK) Card LAN yang akan dimasukkan ke hub/switch untuk jaringan lokal 192.168.10.254 (LAN).

Semua perintah yang kita ketikkan disini berbasis text (text mode) dan dilakukan di mesin mikrotiknya Agar tidak bingung, Lakukan perintah untuk memberi nama masing2 Card Ethernet tadi. Memberi nama pada masing2 Card Jaringan

>interface ethernet set ether1 name=PUBLIK

>interface ethernet set ether2 name=LAN

Setting IP Address untuk masing2 Card Lan tadi

/ip address add address=192.168.1.2/24 interface=PUBLIK

/ip address add address=192.168.10.254/24 interface=LAN

Memasukkan entry PPPoE Client. Perintah ini sudah bisa dilakukan lewat klien dan menggunakan Winbox/ gui)

/interface pppoe-client add name=pppoe-user-telkom user=telkom password=123@telkom interface=PUBLIK service-name=Internet disabled=no

(username dan password cuman perumpamaan)

Gateway — Routingnya dan masquerading

/ip route add gateway= 125.167.122.1 (IP Gateway Telkom bukan IP yang static kita) IP gateway diatas belum tentu sama, lihat terlebih dahulu ip pppoe client anda.

Jika anda belum yakin 100% ip client anda dan gateway nya, lakukan login dan dialing melalui modem anda terlebih dahulu bukan pada mode bridging seperti diatas.

Pada menu Device Info akan tampil informasi Default Gateway dan IP client pppoe anda.

Selanjutnya Masquerading, untuk penerusan perintah dari routing yang diteruskan ke NAT Firewall mikrotik untuk proses routing ke semua client yang terkoneksi

/ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade out-interface=internet Setting DNS dengan perintah di terminal winbox.

/ip dns set primary-dns=202.134.1.10

/ip dns set primary-dns=203.130.206.250

/ip dns allow-remote-request=yes Selesai..

tahap routing sudah terlaksanakan. Coba lakukan ping ke mikrotik dan gateway nya.

Jika anda ingin sharing ke komputer client jangan lupa masukkan ip gateway pada settingan Network Connection (windows) sesuai dengan IP LAN (192.168.10.254) pada mikrotik anda.

Banyak sekali settingan mikrotik yang dapat anda pelajari dari berbagai sumber.

Jika terkesan terlalu rumit dengan sistem pengetikan anda bisa melakukannya dengan winbox mode, setiap tutorial yang anda butuhkan pun dapat anda copy dan paste ke winbox nya mikrotik.

Setting Web Proxy Transparant /ip web-proxy set enabled=yes port=8080 hostname=dipanegara.

proxy transpa rent-proxy=yes

/ip firewall nat add in-interface=lokal dst-port=80 protocol=tcp action=redirect to-ports=8080 chain=dstnat dst-address=!192.168.10.254/24 (portnyas bisa kita tentukan sendiri misalnya 3128 dll)

Jangan lupa untuk menset IP gateway client anda ke 192.168.10.254 agar terkoneksi ke server mikrotik

Demikian tutorial singkat jaringan komputer mikrotik sebagai gateway koneksi ke speedy dgn metode Bridging.

JIka terjadi masalah, biasanya ada pada setting gateway, untuk itu bisa dicoba menambahkan perintah pada :

/interface pppoe-client add name=pppoe-user-telkom user=telkom password=123@telkom.net interface=public service-name=internet disabled=no add-default-route=yes

sumber : http://smknusantara-tkj.blogspot.com

Keuntungan dan Kerugian Jaringan

Software Penarik Uang Otomatis Masuk Rekening
Download Ratusan Ebook dan Software Bisnis
Panduan (Ebook dan Video Tutorial) dan Software Pembuat Website
Usaha Web : Daftar Gratis dapat bonus 100 Ribu

Keuntungan utama yang langsung terasa dari network sharing itu adalah, Internet yang mendunia, karena pada hakikatnya Internet itu sendiri adalah serangkaian komputer (ribuan bahkan jutaan komputer) yang saling terhubung satu sama lain. Berevelusi dan berkembang dari waktu ke waktu, sehingga membentuk satu jaringan kompleks seperti yang kita rasakan sekarang ini.

Keuntungan lain dilihat dari sisi internal network adalah :

· Resource Sharing, dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersama-sama. Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mangatasi masalah jarak.

· Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.

· Menghemat uang, Komputer berukutan kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi.

· Hardware sharing, Bagi pakai hardware secara bersama-sama. Dengan adanya fasilitas jaringan kemudian menggunakan alat yang bernama printer server. maka sebuah printer laser berwarna yang mahal sekali harganya dapat dipakai secara bersama-sama oleh 10 orang pegawai. Begitu pula halnya dengan scanner, Plotter, dan alat-alat lainnya.

· Keamanan dan pengaturan data, komputer dalam sebuah lingkungan bisnis, dengan adanya jaringan tersebut memungkinkan seorang administrator untuk mengorganisasi data-data kantor yang paling penting. Dari pada setiap departemen menjadi terpisah-pisah dan data-datanya tercecer dimana-mana. Data penting tersebut dapat di manage dalam sebuah server back end untuk kemudian di replikasi atau dibackup sesuai kebijakan perusahaan. Begitu pula seorang admin akan dapat mengontrol data-data penting tersebut agar dapat diakses atau di edit oleh orang-orang yang berhak saja.

· Ke-stabilan dan Peningkatan performa komputasi, Dalam kondisi tertentu, sebuah jaringan dapat digunakan untuk meningkatkan performa keseluruhan dari aplikasi bisnis, dengan cara penugasan komputasi yang di distribusikan kepada beberapa komputer yang ada dalam jaringan.

Berbagai keuntungan dari media-media jaringan telah panjang lebar dijelaskan diatas, akan tetapi kerugian belum disinggung sama sekali. Jaringan dengan berbagai keunggulannya memang sangat membantu sekali kerja dalam suatu perusahaan. Tetapi kerugiannya juga banyak apabila tidak di sadari dari awal. Berikut beberapa kerugian dari implementasi jaringan :

· Biaya yang tinggi kemudian semakin tinggi lagi. pembangunan jaringan meliputi berbagai aspek: pembelian hardware, software, biaya untuk konsultasi perencanaan jaringan, kemudian biaya untuk jasa pembangunan jaringan itu sendiri. Infestasi yang tinggi ini tentunya untuk perusahaan yang besar dengan kebutuhan akan jaringan yang tinggi. Sedangkan untuk pengguna rumahan biaya ini relatif kecil dan dapat ditekan. Tetapi dari awal juga network harus dirancang sedemikian rupa sehingga tidak ada biaya overhead yang semakin membengkak karena misi untuk pemenuhan kebutuhan akan jaringan komputer ini.

· Manajemen Perangkat keras Dan Administrasi sistem : Di suatu organisasi perusahaan yang telah memiliki sistem, administrasi ini dirasakan merupakan hal yang kecil, paling tidak apabila dibandingkan dengan besarnya biaya pekerjaan dan biaya yang dikeluarkan pada tahap implementasi. Akan tetapi hal ini merupakan tahapan yang paling penting. Karena Kesalahan pada point ini dapat mengakibatkan peninjauan ulang bahkan konstruksi ulang jaringan. Manajemen pemeliharaan ini bersifat berkelanjutan dan memerlukan seorang IT profesional, yang telah mengerti benar akan tugasnya. Atau paling tidak telah mengikuti training dan pelatihan jaringan yang bersifat khusus untuk kebutuhan kantornya.

· Sharing file yang tidak diinginkan : With the good comes the bad, ini selalu merupakan hal yang umum berlaku (ambigu), kemudahan sharing file dalam jaringan yang ditujukan untuk dipakai oleh orang-orang tertentu, seringkali mengakibatkan bocornya sharing folder dan dapat dibaca pula oleh orang lain yang tidak berhak. Hal ini akan selalu terjadi apabila tidak diatur oleh administrator jaringan.

· Aplikasi virus dan metode hacking : hal-hal ini selalu menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang, mengakibatkan network down dan berhentinya pekerjaan. Permasalahan ini bersifat klasik karena system yang direncanakan secara tidak baik. Masalah ini akan dijelaskan lebih lanjut dalam bab keamanan jaringan.
sumber : http://smknusantara-tkj.blogspot.com

Manfaat Jaringan

Software Penarik Uang Otomatis Masuk Rekening
Download Ratusan Ebook dan Software Bisnis
Panduan (Ebook dan Video Tutorial) dan Software Pembuat Website
Usaha Web : Daftar Gratis dapat bonus 100 Ribu

Secara umum, jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri dan dunia usaha telah pula mengakui bahwa akses ke teknologi informasi modern selalu memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi.

Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama.

Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.

Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.

Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.

Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif. Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.

Ada tiga tipe jaringan yang umum yang digunakan antara lain :

- Jaringan WorkGroup,

- Janringan Lan, dan

- Jaringan Wan


Jaringan Workgroup

Jaringan ini terdiri dari beberapa unit komputer yang dihubungkan dengan menggunakan Network Interface Card atau yang biasa disebut dengan Local Area Network Card, serta dengan menggunakan kabel BNC maupun UTP. Semua unit komputer yang terhubung dapat mengakses data dari unit komputer lainnya dan juga dapat melakukan print document pada printer yang terhubung dengan unit komputer lainnya.


Keuntungan Jaringan Workgroup.

· Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing).

· Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua unit komputer (Printer Sharing).

· Akses data dari/ke unit komputer lain dapat di batasi dengan tingkat sekuritas pada password yang diberikan.

· Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan E-Mail & Chat.

· Bila salah satu unit komputer terhubung dengan modem, maka semua atau sebagian unit komputer pada jaringan ini dapat mengakses ke jaringan Internet atau mengirimkan fax melalui 1 modem.


Jaringan LAN

LAN (Local Area Network) adalah suatu kumpulan komputer, dimana terdapat beberapa unit komputer (client) dan 1 unit komputer untuk bank data (server). Antara masing-masing client maupun antara client dan server dapat saling bertukar file maupun saling menggunakan printer yang terhubung pada unit-unit komputer yang terhubung pada jaringan LAN.

Berdasarkan kabel yang digunakan ,ada dua cara membuat jaringan LAN, yaitu dengan kabel BNC dan kabel UTP.

Keuntungan Jaringan LAN.

· Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing).

· Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer Sharing).

· File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan, yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin.

· File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol.

· Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat.

· Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali.

· Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan E-Mail & Chat.

· Bila salah satu client/server terhubung dengan modem, maka semua atau sebagian komputer pada jaringan LAN dapat mengakses ke jaringan Internet atau mengirimkan fax melalui 1 modem.




Jaringan WAN

WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan Internet, dari/ke kantor pusat dan kantor cabang, maupun antar kantor cabang. Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan Internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang berada di lain kota ataupun negara.


Keuntungan Jaringan WAN.

· Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.

· Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-Mail & Chat.

· Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.

· Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.

sumber : http://smknusantara-tkj.blogspot.com

Mengenal Jaringan Komputer Berbasis Serat Optik

Usaha Web : Daftar Gratis dapat 100 Ribu
Software Penarik Uang Otomatis Masuk Rekening
Download Ratusan Ebook dan Software Bisnis
Panduan (Ebook dan Video Tutorial) dan Software Pembuat Website

Kebutuhan akan komunikasi data antara dua komputer atau lebih dewasa ini semakin meningkat baik dalam kegiatan bisnis maupun pendidikan. Komu-nikasi data ini dapat diwujudkan dalam suatu jaringan komputer yang dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Dengan menerapkan jaringan komputer di suatu instansi baik untuk keperluan bisnis maupun pendidikan, dipercaya dapat meningkatkan kinerja instansi tersebut maupun untuk mengefektifkan kerja dalam usaha untuk meningkatkan profit bisnis yang sedang dijalankan. Pengetahuan tentang jaringan komputer menjadi hal yang diperlukan untuk mencapai tujuan di atas.

Salah satu teknologi yang digunakan dalam membangun suatu sistem jaringan komputer dan masih terus dalam tahap pengembangan adalah teknologi serat optik. Teknologi serat optik dikembangkan sebagai upaya untuk terus meningkatkan kinerja sistem jaringan komputer. Sistem jaringan komputer yang ideal adalah suatu jaringan komunikasi yang mampu mentransfer data dalam kapasitas besar dengan kecepatan tinggi tanpa mengalami gangguan. Teknologi serat optik dikembangkan untuk mendekatkan diri pada tujuan ini. Dalam tulisan ini akan diberikan pengenalan tentang sistem jaringan komputer berbasis serat optik sebagai upaya untuk mengikuti perkembangan teknologi yang sedang terjadi.

Serat Optik dan Keunggulannya

Serat optik adalah salah satu media transmisi yang mampu menyalurkan data dengan kapasitas besar dengan kehandalan tinggi. Kehandalan serat optik ini diperoleh karena serat optik menggunakan gelombang optik (cahaya laser) sebagai gelombang pembawanya. Hal ini berbeda dengan jenis media transmisi lain yang menggunakan sinyal listrik yang merambat melalui kabel sebagai pembawa sinyal.

Penyaluran informasi pada serat optik dibawa oleh sinyal digital yang dirambatkan dalam bentuk gelombang cahaya. Gelombang cahaya dapat membawa informasi lebih banyak (kapasitas besar) dengan kecepatan tinggi. Kecepatan transfer data yang mampu dilakukan melalui serat optik ini dapat mencapai 200.000 Mbps (200 Gbps), suatu nilai yang sangat fantastis. Melalui serat optik ini juga menjamin keamanan data yang sedang ditransmisikan dari upaya pencurian data maupun pemotongan (tap) data di tengah jalan.

Bentuk Fisik Serat Optik

Sebagai media transmisi yang berfungsi untuk menyalurkan data dalam bentuk cahaya, maka serat optik harus dibuat dari semacam bahan kaca (atau plastik). Diameter serat optik berkisar antara 2 m sampai 125 m, suatu nilai yang sangat kecil. Dalam upaya untuk memperoleh kinerja yang baik, biasanya serat ultra pure fused silika adalah bahan yang sering digunakan sebagai bahan pembuat serat optik karena memiliki loss kecil.

Serat optik berbentuk silinder yang terdiri dari tiga bagian yaitu bagian core, cladding, dan jacket (pembungkus) (lihat gambar). Core adalah bagian terdalam yang terdiri dari satu serat atau lebih, serat inilah yang merupakan jalur bagi sinyal cahaya. Tiap serat dikelilingi oleh cladding dan kemudian ditutupi oleh coating. Bagian terluar adalah jacket yang berfungsi melindungi serat optik dari pengaruh luar, seperti kelembapan udara, abrasi dan kerusakan.

Cara Kerja Sistem Serat Optik

Pada dasarnya serat optik merupakan suatu kesatuan yang terdiri dari komponen-komponen pendukung yang membentuk suatu sistem. Hal ini dikarenakan informasi (data) yang akan ditransmisikan dalam serat optik berupa cahaya, sehingga sebelum informasi disalurkan terlebih dahulu informasi tersebut diubah bentuknya menjadi cahaya.
Pada umumnya sistem transmisi serat optik terdiri tiga bagian yaitu dari sumber cahaya, media transmisi dan detektor. Sumber cahaya adalah bagian dari sistem yang mengubah sinyal listrik menjadi sinyal cahaya yang sesuai. Tugas ini biasanya dilakukan oleh LED (Light Emitting Diode) atau bisa juga menggunakan dioda laser, yaitu dioda yang dapat memancarkan sinar laser. Media transmisi dijalankan oleh serat optik. Sebagai detektor digunakan photo-diode yaitu dioda yang dapat menyerap cahaya dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang sesuai. Penyaluran data melalui serat optik dapat digambarkan sebagai berikut: data berupa sinyal listrik diubah menjadi cahaya yang sesuai oleh LED sebagai sumber cahaya, kemudian cahaya berisi data tadi merambat di dalam serat optik sebagai media transmisi menuju ke penerima berupa photodioda sebagai detektor dan mngubah cahaya menjadi sinyal listrik yang sesuai (lihat gambar).

Tipe Transmisi Serat Optik

Transmisi serat optik dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu Multi Mode dan Single Mode.

Multi Mode

Pada jenis ini, suatu informasi (data) dibawa melalui beberapa lintasan cahaya yang dijalarkan melalui serat dari satu ujung ke ujung lainnya. Metode semacam ini dapat mengakibatkan ketidakakuran data yang dikirimkan kepada penerima, karena lintasan cahaya yang satu dapat berbeda waktu tempuhnya dibandingkan lintasan yang lain sehingga data yang dikirim menjadi berubah ketika sampai di penerima. Transmisi data jenis ini menggunakan diameter serat (core) sekitar 50 mm, dan cladding sekitar 125 mm.

Single Mode

Transmisi data melalui single mode hanya menggunakan satu lintasan cahaya yang merambat melalui serat. Metode semacam ini dapat menghindarkan ketidakakuratan yang dapat terjadi dalam penyaluran data. Diameter serat yang diperlukan haruslah cukup kecil untuk mendukung metode ini yaitu sekitar 3 – 10 mm. Cahaya yang diperlukan haruslah cahaya dengan koherensi dan intensitas tinggi yaitu laser, sehingga diperlukan suatu sumber cahaya yang mampu menghasilkan cahaya yang sangat tajam (koheren dan berintensitas tinggi) yang memerlukan teknologi tinggi.

sumber : http://smknusantara-tkj.blogspot.com