Silabus
Sekolah : SMP .....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen Gejala diastropisme dan vulkanisme Faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi Jenis-jenis batuan Proses pelapukan Proses erosi dan penyebabnya Proses sedimentasi. Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangan-nya. | Mengamati gambar bentukan-bentukan di mka bumi yang merupakan hasil dari tenaga geologi. Mengamati gambar tentang gejala-gejala diastropisme dan vulkanisme. Mengamati peta sebaran tipe gunung api di Indonesia. Mengkaji faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi. Mengamati contoh jenis batuan melalui gambar dan batuan yang ada di lingkungan sekitar. Mengamati gambar dan lingkungan sekitar tentang proses pelapukan. Mengamati obyek dan gambar tentang erosi. Menelaah contoh kenampakan hasil proses sedimentasi Membaca buku sumber tentang dampak positif dan negatif tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya. |
| Tes lisan Tes tulis Penugasan Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tertulis Tertulis | Daftar pertanyaan. Pilihan Ganda Tugas rumah Tes Uraian Tes Uraian Pilihan ganda Tes Uraian Tes Uraian | Apakah yang dimaksud tenaga geologi dan berikan contohnya! Tipe gunung api yang banyak terdapat di Indonesia yaitu ….
Buatlah peta jalur gempa bumi di Indonesia pada kertas karton ukuran A2! Berikan dua contoh jenis batuan sedimen! Jelaskan proses pelapukan biologis! Erosi yang disebabkan gelombang air laut yang mengikis pantai disebut ....
Berilah 2 contoh bentang alam hasil sedimentasi oleh air! Jelaskan 3 manfaat material vulkanik gunung api ! | 12 JP | Peta Atlas Globe Gambar proses terjadinya diastropisme. Gambar tipe gunung api Gambar jenis batuan LKS CD Buku sumber yang relevan. |
1.2.Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia. | Pengertian dan kurun waktu pra-aksara Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra –aksara Perkembangan kehidupan pada masa pra-aksara. Peninggalan –peninggalan kebudayaan. Kedatangan nenek moyang dari Yunan tersebar di Nusantara. | Membaca referensi untuk merumuskan pengertian dan kurun waktu masa pra -aksara Dengan Atlas Sejarah dan foto –foto/ gambar mengamati jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra-aksara Membaca buku referensi, mengamati gambar dan diskusi untuk menelaah kehidupan pada masa pra-aksara dan peralatan yang digunakan. Membaca buku referensi dan mengamati gambar untuk mengidentifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara. Mengamati atlas sejarah kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia. |
| Tes tulis Penugasan Tes tulis Tes tulis Penugasan | Tes Uraian Tugas rumah Tes Uraian Tes pilihan ganda Tugas rumah | Jelaskan pengertian masa pra aksara. Kumpulkan gambar manusia purba dan peninggalan kebudayaannya serta kelompokkan sesuai kurun waktunya kemudian buatlah mading Secara berkelompok Berilah contoh-contoh peralatan yang dipergunakan pada masa berburu! Peninggalan budaya Megalithikum diantaranya ialah .... a.menhir dan dolmen b.nekara dan menhir c.sarkopagus dan dolmen d.kapak lonjong dan moko Buatlah peta kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara! | 8 JP | Buku sumber yang relefan Atlas Sejarah Foto –foto Gambar –gambar sejarah Musium Situs sejarah |
Standar Kompetensi : 2. Memahami kehidupan sosial manusia.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| Kaitan interaksi sosial dengan proses sosial. Pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial. | Mengkaji kaitan interaksi sosial dan proses sosial dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan terdeka. Mengkaji pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial. |
| Tes tulis Portofolio | Tes Uraian Rubrik | Jelaskan kaitan interaksi sosial dengan proses sosial! Buatlah kliping yang terdiri dari 5 peristiwa proses assosiatif dan 5 proses dissosiatif dari surat kabar atau tabloid. | 4 JP | Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi. VCD Buku-buku sumber yang relevan. Surat kabar. Masyarakat |
| Pengertian sosialisasi Faktor yang mempengaruhi sosialisasi. Fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian. | Tanya jawab tentang pengertian sosialisasi. Mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi. Diskusi tentang fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian. |
| Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian Pilihan ganda | Jelaskan pengertian sosialisasi! Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi! Seorang anak diajarkan untuk mencium tangan orangtuanya. Proses sosialisasi ini digolongkan sebagai sosialisasi ....
| 6 JP | Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi. VCD Buku-buku sumber yang relevan. Surat kabar. Masyarakat |
| Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial. Bentuk-bentuk interaksi sosial: Antar individu dengan individu. Antar individu dengan kelompok. Antar keompok dengan kelompok. | Tanya jawab tentang syarat-syarat terjadinya interaksi sosial. Diskusi tentang bentuk-bentuk interaksi sosial. |
| Tes tulis Tes unjuk kerja | Pilihan ganda Tes petik kerja prosedur dan produk | Contoh interaksi sosial berikut ini adalah ....
Buatlah kliping berita dari media cetak, masing-masing lima contoh peristiwa tentang interaksi sosial antar :
| 6 JP | Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi. VCD Buku-buku sumber yang relevan. Surat kabar. Masyarakat |
| Proses sosial asosiatif Proses sosial disosiatif. | Diskusi tentang proses sosial asosiatif . Diskusi tentang proses sosial disosiatif. |
| Tes tulis | Tes Uraian | Jelaskan apa yang dimaksud dengan kerjasama! Cobalah identifikasi contoh dan proses sosial disosiatif yang terjadi di lingkungan masyarakatmu! | 6 JP | Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi. VCD Buku-buku sumber yang relevan. Surat kabar. Masyarakat |
Standar Kompetensi : 3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| Hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral Makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral. | Mendiskusikan hakekat manusia hakekat makhluk sosial dan ekonomi Mengkaji tentang makna manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral Membaca buku referensi selanjutnya mendiskusikan ciri-ciri manusia sbagai makhluk sosial dan ekonomi yg bermoral Menyimpulkan cara mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral. |
| Tes Lisan Tes tulis Tes tulis Observasi | Daftar pertanyaan Tes Uraian Tes pilihan ganda Lembar Observasi | Coba berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari kegiatan manusia sebagai makhluk sosial Jelaskan makna manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral! Berikut ini yang bukan ciri-ciri makhluk sosial adalah : a. saling tolong menolong b. setia kawan dan toleransi c. individual dan egois d. simpati dan empati Lakukan pengamatan pada warga di sekitar tempat tinggalmu kegiatan sosial apa yang dilakukan | 8 JP | Guru IPS Buku Materi Yang relefan Lingkungan sekolah Lingkungan Keluarga Lingkungan masyarakat |
| Pemanfaatan sumber daya ekonomi Tindakan ekonomi Pengertian motif dan prinsip ekonomi macam-macam motif dan prinsip ekonomi. Kegiatan/tindak-an ekonomi sehari-hari berdasar motif dan prinsip ekonomi. | Mendiskusikan perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya Mendiskusikan tindakan ekonomi rasional yg dila-kukan manusia Mendiskusikan pengertian motif dan prinsip ekonomi Membaca literatur dan mendiskusikan macam – macam motif dan prinsip Ekonomi Mendiskusikan tentang contoh-contoh dan pentingnya kegiatan / tindakan ekonomi yang berdasarkan motif dan prinsip ekonomi Tanya jawab tentang manfaat/ pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. |
| Tes Lisan Tes tulis Tes tulis Tes tulis Observasi Tes tulis | Daftar pertanyaan Tes Isian Tes Uraian Tes pilihan ganda Lembar Observasi Tes Uraian | Bagaimana sikap kita dalam memanfaatkan sumberdaya yang terbatas ? Salah satu tindakan ekonomi yang rasional yg dpt kita lakukan adalah ... . Jelaskan pengertian motif ekonomi. Pada umumnya motif ekonomi yang dilakukan manusia adalah karena ... . a. kebutuhan b. keuntungan c. sosial d. penghargaan Amatilah kegiatan penduduk disekitarmu! Buatlah laporan tentang kegiatan sehari-hari yang dilakukan berdasarkan motif ekonomi! Tentukan 5 macam kegiatan ekonomi yang dilakukan seseorang dalam kehidupan sehari-hari yang berdasarkan prinsip ekonomi. | 6 JP | Guru PS Ekonomi Buku Materi yg relevan Keluarga Lingkung an masya rakat |
No comments:
Post a Comment